Tips Keamanan WordPress Untuk Menjaga Keamanan Situs Anda Di Tahun 2023

Tips Keamanan WordPress Untuk Menjaga Keamanan Situs Anda Di Tahun 2023 – Beberapa bahkan juga bertanya apa WordPress aman? Pikirannya ialah skrip open source rawan pada semua ragam gempuran. Apa itu bukti? Dan oleh karenanya, bagaimana Anda amankan website WordPress Anda?

Tips Keamanan WordPress Untuk Menjaga Keamanan Situs Anda Di Tahun 2023

stylesdb – Untungnya, kurangnya keamanan bawaan WordPress hanyalah mitos belaka. Bahkan, terkadang sebaliknya situs web WordPress jauh lebih aman daripada saudara dan saudari online mereka.

Mengapa keamanan WordPress sangat penting

Sebelum kita menjelajahi daftar periksa keamanan WordPress, penting untuk memahami mengapa keamanan WordPress begitu penting. Dengan cara ini, Anda mendapatkan ketenangan pikiran, karena Anda akan tahu persis mengapa Anda menghabiskan waktu untuk mengamankan situs web Anda, atau mengapa Anda membayar untuk menyewa pakar keamanan WordPress tersebut.

Secara keseluruhan, keamanan WordPress penting karena beberapa alasan :

WordPress itu populer : Sistem bekerja dengan sangat baik sehingga lebih dari 43% internet menggunakan WordPress. Namun, ini berarti ini adalah antarmuka yang dapat dikenali, bahkan untuk peretas.
Anda akan memiliki pengaturan failsafes sebelum masalah terjadi : Meskipun tidak mungkin, situs WordPress yang disusupi dapat menyebabkannya macet atau berjalan dengan buruk. Failsafes seperti penyimpanan cadangan di luar kantor dan pemulihan cadangan cepat berarti Anda dapat mengatasi serangan bahkan setelah terjadi.
WordPress memiliki banyak bagian yang bergerak : Dari plugin pihak ketiga hingga tema, dan perusahaan hosting hingga perangkat lunak inti itu sendiri, banyak elemen bersatu untuk menjadikan WordPress salah satu sistem manajemen konten yang paling dapat disesuaikan. Tetapi dengan semua bagian bergerak ini, kerentanan mungkin muncul, seperti jika Anda memasang plugin dengan kode yang meragukan atau tidak memperbarui tema WordPress Anda secara otomatis.
Ini memiliki area login : Sampai hari ini, salah satu bentuk peretasan yang paling umum adalah serangan brute-force, yang melibatkan bot atau orang yang mencoba beberapa nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke situs Anda. Seperti semua teknologi, WordPress memiliki modul login, jadi Anda harus melakukan apa saja untuk melindungi area login dan memperkuat kredensial. Hal yang sama berlaku untuk kredensial login FTP dan hosting.
Sekarang setelah Anda tahu mengapa keamanan WordPress sangat penting, teruslah membaca untuk mempelajari panduan keamanan WordPress terbaik, dengan 25 tips keamanan WP untuk menjaga keamanan situs Anda setiap saat.

Amankan situs web WordPress Anda dengan memastikan hosting Anda aman

Hampir semua perusahaan hosting mengklaim menyediakan lingkungan yang dioptimalkan untuk WordPress, tetapi apakah mereka melakukannya?

Baca Juga : Saran tentang cara memilih Tema PrestaShop

Bekerja hanya dengan host yang baik

Anda hanya boleh bekerja dengan hosting yang andal, berkualitas tinggi, dan aman. Nasihat ini tampak jelas, bukan?

Kurang lebih, semua orang menganggap hosting mereka bagus sampai ada yang rusak untuk pertama kalinya. Di dunia nyata, tidak semua perusahaan hosting dan penawaran hosting diciptakan sama.

Jika Anda melihat salah satu survei hosting kami , Anda akan melihat betapa berbedanya pengalaman orang-orang dalam hal kualitas hosting secara keseluruhan dan juga aspek individu dari penyiapan hosting mereka, seperti keamanan, keandalan, kecepatan, dll.

Beberapa host hanya di bawah standar dan tidak melakukannya dengan baik di bawah tekanan.

Kabar buruknya di sini adalah bahwa sebagian besar waktu Anda bahkan tidak tahu bahwa host Anda tidak memperhatikan keamanan situs web Anda dengan cukup serius. Hal-hal seperti peningkatan serangan peretas, seringnya waktu henti, kinerja rendah, semuanya mungkin disebabkan oleh mekanisme keamanan yang tidak memadai.

Kenyataannya adalah Anda tidak benar-benar akan “memperbaiki host Anda”. Solusi termudah dan terbaik adalah beralih ke host lain yang lebih aman.

Umumnya, semakin banyak Anda membayar, semakin baik hosting baru Anda, tetapi ada juga beberapa opsi anggaran yang dapat Anda pertimbangkan.

Jika Anda ingin masuk ke bagian bawah topik, kami memiliki perbandingan posting opsi hosting terbaik yang tersedia di kotak tautan di bagian atas halaman, ditambah survei yang disebutkan sebelumnya di mana Anda dapat melihat pendapat orang lain.

Lindungi file wp-config.php

File wp-config.php simpan info krusial mengenai instalasi WordPress Anda, dan ini merupakan file paling penting di directory root situs Anda. Melindunginya bermakna amankan utama website WordPress Anda.

Strategi ini menyulitkan peretas untuk mendobrak keamanan situs Anda, karena file wp-config.php jadi tak dapat dijangkau oleh mereka.

Sebagai bonus, metode pelindungannya amat gampang. Mengambil saja file wp-config.php Anda dan alihkan ke tingkat yang lebih besar dari directory root Anda.

Saat ini, pertanyaannya ialah, bila Anda menyimpan di lain tempat, bagaimana server mengaksesnya? Dalam arsitektur WordPress sekarang ini, penataan file komposisi ditata ke yang paling tinggi pada tabel fokus . Maka, walau diletakkan satu folder di atas directory root, WordPress tetap dapat menyaksikannya.

Larang pengeditan file

Bila pemakai mempunyai akses admin ke dashboard WordPress Anda, mereka bisa mengubah file apa pun itu yang adalah sisi dari instalasi WordPress Anda. Ini terhitung semua plugin dan topik.

Bila Anda larang pengoreksian file, tidak ada yang bisa melakukan modifikasi file apa pun itu bahkan juga bila seorang peretas memperoleh akses admin ke dashboard WordPress Anda.

Tetapkan izin direktori dengan hati-hati

Izin direktori yang salah bisa berakibat fatal, terutama jika Anda bekerja di lingkungan hosting bersama.

Dalam kasus seperti itu, mengubah izin file dan direktori adalah langkah yang baik untuk mengamankan situs web di tingkat hosting. Mengatur izin direktori ke “755” dan file ke “644” melindungi seluruh sistem file direktori, subdirektori, dan file individual.

Ini dapat dilakukan secara manual melalui File Manager di dalam panel kontrol hosting Anda, atau melalui terminal (terhubung dengan SSH) gunakan perintah “chmod”.

Untuk lebih lanjut, Anda dapat membaca tentang skema izin yang benar untuk WordPress atau menginstal plugin Keamanan iThemes untuk memeriksa pengaturan izin Anda saat ini.

Nonaktifkan daftar direktori dengan .htaccess

Jika Anda membuat direktori baru sebagai bagian dari situs web Anda dan tidak memasukkan file index.html di dalamnya, Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa pengunjung Anda bisa mendapatkan daftar direktori lengkap dari semua yang ada di direktori itu.

Misalnya, jika Anda membuat direktori bernama “data”, Anda dapat melihat semua yang ada di direktori tersebut hanya dengan mengetikkan example dot com/data/ di browser Anda. Tidak ada kata sandi atau apa pun yang diperlukan.