Mengenal Bento Theme, Tema WordPress Multiguna Gratis

Posted by

Mengenal Bento Theme, Tema WordPress Multiguna Gratis – Bento Merupakan sebuah tema WordPress multiguna gratis yang dikemas dengan fitur dan kemungkinan. Dengan berbagai template dan pengaturan, ini dapat digunakan untuk membuat apa saja mulai dari blog pribadi atau halaman arahan hingga etalase kompleks dan toko online. Bento adalah hasil dari bertahun-tahun keahlian membangun tema yang dikumpulkan di sini di Satori Studio, menjadikannya tema yang stabil dan andal, namun pada saat yang sama sangat fleksibel.

Mengenal Bento Theme, Tema WordPress Multiguna Gratis

stylesdb – Dengan lebih dari 80 opsi tema serta lusinan pengaturan untuk setiap halaman dan posting, Bento menawarkan kemungkinan penyesuaian yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pengguna WordPress pemula dan berpengalaman. Bento responsif, siap untuk retina, dan kompatibel dengan terjemahan. Tema ini juga dibundel dengan plugin Pembuat Konten oleh SiteOrigin, yang menawarkan antarmuka drag-and-drop yang mudah untuk membuat halaman sederhana dan kompleks, dengan pilihan dari lusinan blok penyusun seperti teks, gambar, penggeser, komidi putar, tombol , widget, dan banyak lagi.

Baca Juga : Kale Pro, Tema WordPress Yang Cocok Utuk Bisnis Kuliner

Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada kami atau melaporkan bug di forum dukungan resmi. Kami biasanya bertujuan untuk menanggapi semua permintaan dan pesan dalam waktu 5 hari kerja, namun akan menghargai kesabaran Anda dengan mempertimbangkan fakta bahwa tema adalah item sumber terbuka dan gratis.

Opsi Tema Bento

Bento hadir dengan serangkaian opsi canggih yang memungkinkan penyesuaian penuh tema sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Semua opsi tema dapat diatur melalui antarmuka WP Customizer asli di area admin Anda, dengan mengunjungi bagian Appearance -> Customize. Setelah ada modifikasi pada opsi tema, jangan lupa untuk mengklik tombol biru “Simpan & Terbitkan” di sudut kanan atas area penyesuai.

Tema menambahkan atau memengaruhi 16 bagian panel Customizer:

  1. Paket Bantuan & Ekspansi – di sini Anda dapat menemukan tautan berguna serta informasi tentang Paket Ekspansi
  2. Identitas Situs – bagian ini memungkinkan Anda untuk mengatur logo kustom, favicon, dan branding seluruh situs lainnya.
  3. Elemen Situs – di bagian ini Anda dapat mengatur berbagai elemen situs web seperti menampilkan posting berikutnya di blog tanpa memuat ulang halaman, memperbaiki tajuk di atas jendela saat menggulir situs web, dll.
  4. Tata Letak Situs – di sini Anda dapat mengatur lebar area konten, memilih antara tata letak lebar dan kotak untuk situs web, serta mengatur latar belakang untuk situs web dan area konten.
  5. Warna Situs – memungkinkan Anda untuk menentukan warna latar belakang untuk situs web (harap dicatat bahwa agar ini berlaku, mode “kotak” harus diatur di bagian “Tata letak situs”).
  6. Gambar Latar Situs – memungkinkan Anda untuk menentukan gambar latar untuk situs web (agar ini berlaku, mode “kotak” juga harus diatur di bagian “Tata letak situs”).
  7. Font dan Tipografi – di bagian ini Anda dapat memasukkan font yang akan digunakan untuk judul, menu, dan teks lainnya di situs web Anda. Cukup buka repositori Google Fonts, pilih font apa saja yang Anda suka, dan tulis namanya di kolom masing-masing. Perhatikan bahwa semua font yang digunakan di bagian ini juga bisa identik jika Anda mau.
  8. Warna Header – bagian ini memungkinkan Anda untuk memilih warna setiap elemen terpisah di bagian header situs web, termasuk menu utama.
  9. Warna Konten – di sini Anda dapat mengubah warna setiap elemen di badan situs web, yaitu konten dan area bilah sisi.
  10. Warna Footer – bagian gaya ketiga memungkinkan Anda memilih warna setiap elemen di footer, bagian paling bawah dari situs web.
  11. Pengaturan Beranda – selain opsi standar untuk memilih halaman mana yang akan ditampilkan sebagai bagian depan situs web, Bento memungkinkan Anda memilih gambar header dan elemen ajakan bertindak untuk halaman tersebut.
  12. CSS tambahan – di sini Anda dapat menambahkan kode CSS Anda sendiri ke situs web, tanpa perlu mengedit file style.css. Kode ini akan berhenti berlaku jika Anda beralih ke tema lain, tetapi akan dipulihkan jika Anda beralih kembali ke Bento.
  13. Pengaturan SEO – di sini Anda dapat menentukan informasi meta untuk mesin pencari. Harap diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia dengan Bento Expansion Pack.
  14. Kode Analytics – memungkinkan Anda menambahkan kode Google Analytics untuk melacak lalu lintas situs web Anda dan data pengunjung lainnya. Harap diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia dengan Bento Expansion Pack.
  15. Popup Ajakan Bertindak – pengaturan di bagian ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan dan menyesuaikan popup ajakan bertindak untuk mengonversi pengunjung Anda. Harap diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia dengan Bento Expansion Pack.
  16. Preloader – di sini Anda dapat mengaktifkan dan menyesuaikan animasi pemuatan untuk halaman situs web Anda untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan hanya menampilkan halaman yang dirender sepenuhnya kepada pengunjung Anda. Harap diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia dengan Bento Expansion Pack.

Menu Bento

Ada dua lokasi menu di Bento: di area header utama tempat logo berada (menu utama), serta di footer, di bawah area widget footer, dan di sebelah pernyataan hak cipta. Menu utama dapat memiliki sub-menu hingga dua tingkat (yaitu item sub-menu dapat memiliki sub-menu sendiri); menu footer tidak menampilkan submenu dan ditujukan untuk bagian navigasi datar, seperti syarat dan ketentuan, informasi kontak, dll.

Menu bersumber dari konstruktor menu WordPress asli, ditemukan di bagian Appearance -> Menus admin. Anda dapat membuat dan menetapkan menu Anda sendiri untuk setiap lokasi menu: pertama, buat menu baru dengan mengklik tautan masing-masing tepat di bawah tab “Edit Menu”, masukkan nama unik di kotak “Nama Menu”, dan klik pada tombol biru “Buat Menu” di sebelah kanan. setelah Anda membuat menu, kotak centang di opsi “Lokasi Tema” di bawah bagian “Pengaturan Menu” akan memberikan kesempatan untuk menetapkan menu ke salah satu lokasi yang disebutkan di atas (Anda juga dapat mengubahnya nanti dengan mengunjungi ” Kelola Lokasi” pada halaman admin yang sama).

Untuk menambahkan item baru ke menu, centang halaman, posting, atau istilah masing-masing di panel di sisi kiri halaman admin menu. Anda dapat mengatur ulang item yang ditambahkan dengan cara drag-and-drop, dan membuat sub-menu dengan menyeret item di bawah item induk yang dimaksud dan kemudian sedikit lebih ke kanan, sampai menempel.

Kisi Dan Tata Letak Halaman Lainnya

Bento hadir dengan sistem tata letak halaman yang fleksibel, terdiri dari tiga bagian, yang masing-masing dapat dikonfigurasi saat dalam mode editor untuk halaman, posting, atau produk tertentu:

  • Templat halaman, yang ada dua: templat default (yaitu halaman klasik) dan templat kisi, yang, pada gilirannya, hadir dalam tiga jenis. Halaman mana pun dapat ditetapkan salah satu dari dua templat dengan menggunakan tarik-turun “Templat” di blok pengaturan “Atribut Halaman” di sisi kanan layar edit halaman.
  • Mode grid, yang ada tiga: masonry – tata letak yang padat menggunakan berbagai ukuran ubin yang mengisi semua celah yang tersedia (demo)
  • kolom grid – tata letak yang menggunakan “kartu” dengan gambar dan teks dan menyelaraskannya dengan kolom (demo)
  • grid baris – tata letak yang mengatur blok demi baris, terlepas dari ketinggiannya (demo). Mode kisi dapat dialihkan menggunakan drop-down “Mode kisi” di kotak “Pengaturan kisi” yang muncul di bagian bawah halaman ketika templat “Kisi” telah dipilih di tarik-turun “Templat” di “Halaman” Blok pengaturan “atribut” di sisi kanan layar edit halaman

Konfigurasi bilah sisi, yang ada dalam tiga varietas: bilah sisi kanan (default), bilah sisi kiri, dan lebar penuh. Masing-masing dapat dicampur dengan salah satu templat halaman atau mode kisi yang dijelaskan di atas. Untuk beralih di antara konfigurasi bilah sisi di Bento, gunakan tarik-turun “Tata letak bilah sisi” di kotak “Pengaturan umum” di bawah editor area teks, dalam mode edit halaman tertentu. Sejak Bento versi 2.0 sekarang juga memungkinkan untuk mengatur default sidebar seluruh situs, opsi masing-masing terletak di tab “Tata Letak Situs” pada panel Customizer

Halaman dengan template “grid” (lihat poin 1 di atas) bertindak sebagai wadah untuk menampilkan koleksi (grid) dari item individual, yang dapat berupa posting, produk (di hadapan WooCommerce) dan proyek (jika Anda memiliki Bento Expansion Pack diinstal dan diaktifkan). Anda dapat mengatur tipe konten mana yang akan ditampilkan pada halaman kisi dengan menggunakan daftar centang “Jenis Konten” yang ditemukan di kotak “Pengaturan Kisi” yang muncul di bawah area konten saat beralih ke templat “Kisi” dalam mode editor halaman.

Baca Juga : 5 Tema WordPress Serbaguna Gratis Terbaik 2021

Karena kisi Bento versi 2.0 dapat difilter menurut taksonomi (tag atau kategori) dan dapat diurutkan berdasarkan tanggal, judul, atau jumlah komentar, pengaturan masing-masing dapat ditemukan di kotak “Pengaturan kisi” yang disebutkan di atas. Perlu juga dicatat bahwa setiap posting (bagian menu admin Posting), produk (bagian menu admin produk) serta proyek (bagian menu admin Portofolio) memiliki kotak pengaturan terpisah yang disebut “Pengaturan Ubin Masonry” yang memungkinkan penyesuaian tampilan item tertentu pada halaman kisi dengan mode kisi “batu” (lihat poin 1 dan 2 di atas untuk detailnya).

Gambar untuk ubin dan item kisi dalam mode kisi lainnya bersumber dari thumbnail (gambar unggulan) dari masing-masing pos/proyek/produk. Teks overlay item pasangan bata dihasilkan dari judul, sedangkan teks isi ubin mode kisi kolom dan baris berasal dari konten utama masing-masing pos atau kutipan pos, jika tidak kosong. Selain itu, Anda dapat menambahkan lebih banyak keragaman ke halaman Anda dengan menggunakan Pembuat Konten yang dibundel, yang memungkinkan pembuatan kisi kolom dengan 2-6 kolom dengan lebar relatif yang berbeda, serta kisi mini dan elemen tata letak lainnya tepat di dalam area konten halaman atau postingan apa pun.